Cara membersihkan spring bed atau kasur pegas adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tempat tidur Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencuci spring bed:

  1. Angkat Spring Bed: Pertama, angkat spring bed dari bingkainya. Jika mungkin, minta bantuan orang lain karena spring bed bisa cukup berat.
  2. Alat Penyedot Debu: Gunakan alat penyedot debu atau sikat lembut untuk membersihkan permukaan spring bed. Pastikan Anda menghilangkan semua debu dan kotoran dari permukaan kasur.
  3. Cuci Kain Penutup: Buka kain penutup spring bed, jika ada, dan cuci sesuai petunjuk produsen. Ini akan membantu menjaga kain penutup tetap bersih dan segar.
  4. Vakum Kasur: Gunakan alat penyedot debu atau vakum dengan lampiran brush lembut untuk menyedot debu dan kotoran dari kasur pegas. Pastikan Anda mencapai semua sisi dan sudutnya.
  5. Cuci Bantalan Penyangga: Beberapa spring bed memiliki bantalan penyangga di bawahnya. Anda mungkin perlu mencuci atau membersihkannya terpisah sesuai petunjuk produsen.
  6. Airing: Setelah membersihkan spring bed, biarkan kasur pegas terkena udara segar selama beberapa jam atau lebih. Ini membantu menghilangkan bau dan memungkinkan kasur mengembalikan bentuknya.
  7. Perlindungan Kasur: Pertimbangkan untuk menggunakan pelindung kasur (mattress protector) di atas kasur pegas Anda. Pelindung ini akan membantu mencegah debu, noda, dan cairan masuk ke dalam kasur.
  8. Pembalikan Berkala: Secara berkala, putar atau balikkan kasur pegas Anda. Ini membantu menghindari adanya keausan yang tidak merata pada pegas kasur.
  9. Jaga Kebersihan: Untuk menjaga spring bed tetap bersih, hindari makan atau minum di tempat tidur dan rajin mencuci seprai dan kain penutupnya.

Pastikan untuk selalu mengikuti panduan perawatan yang disediakan oleh produsen kasur pegas Anda, karena prosedur perawatan dapat berbeda tergantung pada jenis dan merek kasur pegas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *